>Khasiat Jamu bagi Kesehatan

April 19, 2011 § Leave a comment

>.

Anda tentu pernah mendengar nama jamu. Ya, minuman tradisional Indonesia ini sampai sekarang masih menjadi salah satu minuman favorit masyarakat.

Jamu kerap digunakan sebagai obat maupun sekadar minuman pelepas dahaga. Tapi, jamu bukan minuman sembarangan, ada banyak khasiat jamu yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Bahan Jamu

Jamu terbuat dari herbal atau tanaman obat. Umumnya, jamu terbuat dari akar, rimpang (modifikasi batang yang menjalar di tanah), dedaunan, atau buah.

Biasanya, orang-orang juga mencampurkan beberapa bahan dari hewan pada ramuan jamu. Hal ini dipercaya akan membuat khasiat jamu semakin meningkat. Bahan-bahan tambahan yang biasa dipergunakan adalah telur atau empedu kambing.

Jamu pada umumnya memiliki rasa pahit dan tidak enak. Tak heran, jika banyak juga orang yang tidak menyukai minuman ini, meskipun sudah tahu tentang khasiat jamu.

Jika Anda termasuk orang yang tidak suka pahit, jangan takut dulu. Karena Anda bisa mencampurkan satu bahan lagi untuk membuat jamu terasa lebih manis dan enak, yaitu madu.

Kandungan Jamu

Kandungan jamu sangat beragam, tergantung dari jenis bahan yang dipakai. Secara keseluruhan, jamu mengandung zat kurkumin, yaitu suatu zat yang bisa berguna sebagai antioksidan yang menurunkan risiko terkena kanker.

Selain itu, jamu juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan beberapa mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor.

Khasiat Jamu Berdasarkan Macamnya

Ada banyak macam jamu yang bisa menunjang kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa contohnya:

* Jamu kunyit asam

Minuman ini termasuk sangat menyegarkan, bahkan sekarang jamu kunyit asem sudah diproduksi oleh pabrik sebagai minuman alternatif kesehatan. Khasiat jamu yang satu ini adalah menyegarkan tubuh, menghindari sariawan atau panas dalam, dan melancarkan haid bagi wanita.

* Jamu beras kencur

Khasiat jamu beras kencur adalah menambah nafsu makan dan menyegarkan badan. Banyak yang mengatakan bahwa meminum jamu beras kencur bisa menghindari linu-linu (pegal) di tubuh, sehingga badan selalu bugar.

* Jamu temulawak

Jamu jenis ini baik diminum oleh penderita penyakit hati (hepatitis) karena memiliki efek hepatoprotektor, yaitu efek untuk mencegah penyakit hati. Temulawak juga bisa menurunkan kolesterol maupun menghilangkan pegal linu pada tubuh.

* Jamu sambiloto

Biasa juga disebut sebagai jamu pahitan. Seperti namanya, jamu ini terbuat dari daun sambiloto (kadang dicampur dengan dedaunan lain, misalnya brotowali).

Khasiat jamu yang rasanya sangat pahit ini adalah mengatasi kencing manis, membersihkan darah kotor yang bisa menyebabkan penyakit kulit (gatal-gatal atau jerawat). Selain itu, sambiloto juga mampu menurunkan kolesterol dan menghilangkan bau badan tak sedap.

* Jamu cabe puyang

Jamu ini biasanya disebut juga sebagai jamu pegal linu, karena khasiatnya yang paling umum adalah untuk mengatasi rasa pegal linu di tubuh. Khasiat lainnya adalah mengatasi kesemutan dan menyembuhkan demam atau tubuh yang meriang.

* Jamu sinom

Jamu yang satu ini tidak murni menggunakan bahan daun sinom (daun asam jawa). Biasanya jamu ini berbahan kunyit asam dan ditambahkan daun sinom. Khasiatnya sama seperti jamu kunyit asam, yaitu untuk menyegarkan tubuh, menghindari sariawan dan panas dalam, maupun melancarkan datang bulan.

* Jamu kunci suruh

Khasiat jamu yang satu ini sangat baik untuk perempuan. Dengan minum jamu kunci suruh secara rutin, beberapa problem perempuan bisa diatasi. Misalnya, keputihan, mengatasi bau badan tak sedap, menjaga kerapatan dan kualitas daerah intim wanita.

* Jamu kudu laos

Jamu ini terbuat dari mengkudu dan laos sebagai bahan utamanya. Khasiatnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan peredaran darah, menurunkan risiko terkena kanker, melancarkan datang bulan, dan menambah nafsu makan.

* Jamu gepyokan

Gepyokan berasal dari istilah Jawa (digepyok atau dipukul-pukulkan). Jamu ini terbuat dari berbagai jenis bahan yang digepyok atau dipukul-pukul, lalu dihancurkan menjadi satu. Bahan-bahannya bisa terdiri dari kunyit, kencur, temulawak, laos, dan jahe.

Khasiat jamu campur-campur ini utamanya adalah untuk menghilangkan bau badan dan melancarkan air susu ibu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading >Khasiat Jamu bagi Kesehatan at moslemmarket.

meta

%d bloggers like this: